Cara Mudah merawat hp android agar tahan lama dan tidak Mudah lemot

Cara Mudah merawat hp android agar tahan lama dan tidak Mudah lemot


Cara Mudah merawat hp android agar tahan lama dan tidak Mudah lemot | Taukah anda kalau hp android  rentan kehabisan baterai dan berbagai masalah lainnya. Bisa saja disebabkan karena penggunaan Smartphone yang berlebihan karena terdapat begitu banyak aplikasi dan game .

Itulah yang menyebabkan hp android kalian tidak ada kesempatan untuk beristirahat , ada saja tasking yang anda lakukan . Karena efek dari kebiasaan itu tidak nampak dalam jangka pendek namun dalam jangka waktu yang panjang.

Karena saya akan memberi tau cara merawat ponsel Android agar tahan lama dan tidak lemot dalam pemakainnya . Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat hp android anda terutama pada beberapa bagian yaitu perawatan terhadap hardware atau perangkat kerasnya seperti layar, body, dan bagian lain yaitu software atau perawatan perangkat lunaknya seperti program dan aplikasinya.Baiklah berikut adalah tips dan cara merawat hp android :

1.Cara merawat hp android dari sisi hardware

  1.Bagian mesin

Ketika ingin membeli hp pastikan anda hanya menginstal aplikasi yang kira – kira akan anda butuhkan saja, karena akan sia-sia jika terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak berguna akan membuat hp android lemot.


Hidari untuk menggunakan atau mengoperasikan hp android anda ketika sedang dalam proses pengisian baterai, biarkan baterai terisi penuh baru di gunakan,takutnya kalau anda menggunakannya saat pengisian baterai bisa terjadi sebuah ledak pada android dan membuat baterai pada android cepat ngedrop.


Cara merawat hp android agar tahan lama dan tidak lemot hindari memasang memory eksternal melebihi kapasitas yang di perbolehkan.


Masukan Media yang support dengan hp android anda. Jika hanya bisa memutar video 3gp maka jangan di paksa untuk memasukan video berformat lain semisal FLY dll. Karena meskipun bisa akan menjadikan hp android anda menjadi lemot.


jika hp android anda di beli dalam keadaan bekas pastikan anda melakukan instalasi ke setingan awal telebih dahulu, agar semua aplikasi dan cara kerjanya kembali kesettingan awal dari developer.


Hati – hati jika ingin menghubungkan hp android anda dengan perangkat lain seperti laptop atau PC computer, pastikan laptop atau pc tidak terdapat virus, karena virus akan cepat merambat ke hp android anda dari laptop atau computer.
   
2.Cara Merawat Layar:

Melindungi dan merawat layar sentuh pada smartphone merupakan cara merawat hp android yang terpenting, namun tetap saja masih banyak orang mengabaikan hal ini. kenyataannya adalah layar sentuh pada smartphone sangatlah rapuh, tapi berkat perkembangan teknologi, hal itu bisa diatasi. Misalnya dengan ditambahkannya layar Gorilla Glass yang memiliki fungsi sebagai pelindung sehingga dapat mengomptimalkan cara merawat hp android agar tahan dan tidak lemot :

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hidari menggunakan smartphone anda ditempat terbuka atau ditempat yang langsung terkena sinar matahari akibatnya dapat merusak kualitas layar LCD.

2. Matikan Layar Jika Tidak Digunakan

Cara berikutnya adalah slalu mematikan layar smartphone anda jika sedang tidak digunakan karena dapat mengurangi intensitas komponen cahaya dan kualitas warna . 

3. Jangan Menekan Layar Dengan Keras

Cara selanjutnya adalah selalu menghindari untuk menekan layar smartphone terlalu keras karena dapat mengakibatkan kualitas touchscreen bahkan LCD pada layar

4. Jangan Menggunakan Kuku Saat Menekan Layar

Hindari untuk menyentuh layar smartphone jika tangan dalam keadaan kotor dan kuku sedang panjang karena layar smartphone sangat rentan pecah .

5. Gunakan Pelindung Layar (Screen Protector)

Cara berikutnya adalah dengan mnggunakan Screen protector karena screen protector berfungsi sebagai pelindungan layar yang bisa anda gunakan untuk melindungi layar smartphone milik anda . Sehingga dapat melindungi layar sentuh smartphone anda tetap bersih dari debu, sentuhan langsung tangan anda dan kotoran. Selain itu, pelindung layar ini bisa untuk jaga jaga jika suatu saat ponsel anda terjatuh, maka setidaknya kerusakan pada layar akan bisa dikurangi serta dapat memperpanjang usia smartphone anda.

6. Jauhkan dari Medan Magnet

Jika bisa hindari smartphone anda untuk berdekatan pada medan magnet. Hal ini bisa memicu kerusakan pada smartphone dan layar sentuh nya, selain itu bisa juga mengakibatkan berkurang nya sensitivitas pada layar smartphone. Maka dari itu, jauhkanlah smartphone anda dari medan magnet. Biasanya medan magnet ini terdapat pada beberapa barang elektronik.

7. Pakai Pelindung Smartphone

Pelindung smartphone ini bisa berupa casing atau flip aksesoris yang bertujuan untuk mencegah gesekan pada smartphone dan layarnya, terutama saat memasukkan nya kedalam dashboard mobil, kantong celana, ataupun ke dalam tas. Selain itu, pelindung smartphone ini bisa meminimalisir kerusakan pada saat smartphone and terjatuh . Pelindung smartphone ini bisa anda beli satu paket dengan pelindung layar, dan tersedia di seluruh toko aksesoris gadget dan smartphone.

8. Jauhkan dari Benda Tajam dan Suhu Ekstrim

Hindari layar smartphone dari benda tajam dan suhu ekstrim karena bisa fatal pada layar smartphone dan komponen penting dalam smartphone itu sendiri.

 3.Cara Merawat hp android pada bagian body:

Anda bisa menggunakan pelindung hp(kondom) agar hp aman dari berbagai kemungkinan rusak seperti benturan, panas, percikan air, debu dll.

Bersihkan Android secara berskala. Lakukan pembersihan terhadap debu-debu yang menempel pada android setiap harinya dengan menggunakan softcutton. Lakukan secara hati-hati agar android tetap utuh dan tidak tergores.

Usahakan untuk slalu meletakan hp pada tempat yang aman akan membuat ponsel anda terhindar dari berbagai benturan, kemalingan dan hal-hal lain yang tidak di inginkan.

Hidari android terkena air. Air adalah musuh utam bagi ponsel android, tetapi sekarang sudah ada beberapa merk Ponsel Android yang anti air bahkan bisa digunakan dalam air. Tetapi secara umum Android masih sangat rentan rusak bila terkena air. Ketika android terkena air maka akan terjadi konsleting dan bisa membawaki rusak pada hardwarenya. Jadi jauhkan android dari tempat yang kemungkinan terkena air.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Anda tahu sendirikan apa yang akan terjadi kalau hp android digunakan oleh anak-anak.

4.Cara merawat hp android pada bagian komponen tambahan:

Bersihkan pin konektor yang ada di android (misal: konektor baterai) dengan menggunakan tisu atau cotton-bud secara reguler setiap 3 atau 6 bulan sekali. Jangan menggunakan cairan apapun bila anda tidak berpengalaman. Jika anda hendak mengunakan cairan sebaiknya pergunakan cairan khusus untuk elektronik seperti CCL.

Hindari keluar-masuk / penggantian SIM CARD yang terlalu sering.

Rawat android dari suhu panas dan dingin yang ekstrim, sebab akan mengurangi / menganggu kinerja perangkat android.

Baca Juga : 


Saran saya, jika usia android anda 2 tahun atau lebih, pertimbangkanlah untuk membeli / mengganti perangkat anda dengan yang baru. sebab Umumnya “kekuatan” barang elektronik yang maksimal rata-rata hanya dua tahun. Oleh karena itu gantilah perangkat anda (jual dan beli yang baru) sebelum harga android yang lama jatuh karena rusak.

Jangan melepas konektor plug in pada android dengan cara yang kasar. Beberapa plug in tertanam pada android sebagai contoh plug in USB, HDMI, head set dan masih banyak lainnya.

5.Cara merawat hp android dari sisi software

1.Optimalisasi android anda ketika mulai lambat atau terasa lag (sumber: teknoup):

Messaging databases : Biasanya tampilan sms di android (froyo) berbentuk threads, jadi kita tidak pernah sadar sudah seberapa banyak text yang tersimpan. Pertama pisahkan dulu sms yang sekiranya dianggap penting dan forward ke folder lain atau forward ke phone Gmail account address dan text akan diforward lagi melalui gmail apps jadi bisa dikasih label dan arsip sesuka kita. selanjutnya pada menu utama sms, kita delete semua text yang ada.

Email databases : Menyimpan semua email yang masuk di PC kita mungkin tidak berpengaruh sama kinerja PC, tapi jika semua inbox berikut attachement nya disimpan di memory HP kita bisa-bisa HP jadi nge-hang.

Application cache:

Beberapa cache bisa disimpan di sdcard tapi secara default cache akan tersimpan di memory HP. Setiap aplikasi yang terhubung ke internet biasanya ada option untuk ‘delete the cache’ secara otomatis, dan pastikan kita tidak membuang cache aplikasi yang penting. Jika cache tersimpan di sdcard, selama memory sdcard masih cukup maka cache dibiarkan saja. Untuk membersihkan cache, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi 1Tap Cleaner yang dapat anda download gratis di play store.

SDcard : Memory HP penuh sdcard juga penuh, sudah dipastikan HP selalu lemot dan nge-hang.

Lakukan backup secara rutin : Melakukan backup merupakan hal yang mudah namun sering kali kita lupakan, lakukan backup secara rutin.

Sekian ulasan kami ini,semoga berguna dan bermamfaat.Selalu terhubung dengan kami di http://gambeku.blogspot.co.id/ agar anda tidak ketinggalan info menarik lainnya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
January 8, 2018 at 6:37 PM ×

Infonya keren ...

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment